HARDIKNAS 2021

BATAK CENTER, JAKARTA — Keluarga Besar BATAK CENTER di dalam dan luar negeri menaikkan puji dan puja kepada Tuhan yang Esa Mahakasih atas perkenan-Nya bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2021.

BATAK CENTER berharap melalui HARDIKNAS 2021 ini,  semangat para tokoh pendidikan nasional mendorong kita semua mengambil bagian secara aktif. Kita aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat Proklamasi 17 Agustus 1945 berdasar Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945 dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan dalam spirit Sumpah Pemuda 1928. Dengan berpedoman pada hal tersebut, kenangan kita pun disegarkan pada peran pendidikan. Peran pendidikan ini untuk menerangi dan mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya Bangso Batak, keluar dari kegelapan, kebodohan, ketertinggalan, dan kemiskinan.

Setiap tanggal 2 Mei kita merayakan hari lahir Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional. Sekaligus dengan itu kita pun mengenang Prof. Dr. Todung Sutan Gunung Mulia Harahap yang turut meletakkan filosofi dan dasar-dasar pembangunan kebudayaan dan pendidikan nasional. Prof. Mulia Harahap-lah menteri yang mengggantikan Ki Hadjar mengurus pengajaran dan kebudayaan nasional pada awal kemerdekaan. Menurut berbagai dokumen, Prof. Mulia Harahap adalah sahabat dekat Ki Hadjar dan sesama pejuang kemerdekaan Indonesia Raya.

Prof. Mulia Harahap adalah Pahlawan Nasional yang belum memperoleh pengukuhan oleh Negara RI.

Salam habatakon dan kebangsaan Indonesia!

Atas nama
Dewan Pengurus Nasional
BATAK CENTER
Ketum, Sintong M. Tampubolon;
Sekjen, Jerry R. Sirait

BACA JUGA:  Kehadiran Allah di Tengah Pandemi Covid 19